Welcome to my Blog

In tris tique orci portti tor ipsum.
Scing elit Augue scientieted musica.

Trenggalek ku tercinta

Trenggalek itu mana ?????
Kabupaten Trenggalek adalah sebuah kabupaten di Provinsi jawa timur, indonesia. Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo, sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung, sebelah selatan dengan Samudera Hindia,  dan sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.
Oh iya istri bupati Trenggalek artis loh !!!!
bpk. Emil & istrinya Arumi Bachsin
bpk. Emil & istrinya Arumi Bachsin
Pantai Prigi
Pantai Prigi
Goa Lowo
Trenggalek kota wisata ,itulah sebutan untuk kota kelahiranku, kota kecil yang di kelilingi pegunungan. mengapa kota wisata? karena di trenggalek ada banyak tempat wisata seperti pantai prigi, pantai damas, pantai konang, pantai kanggongso, pantai popoh dan pantai lain masih banyak capek nyebutin satu satu, ada juga Goa gong, goa lowo goa yang luar biasa karena panjangnya mencapai 2 kilometer, tapi hanya sekitar 800 meter yang bisa d kunjungi wisatawan karena harus melewati sungai bawah tanah sedalam 10 meter untuk menulusuri 1200 meter sisanya,goa lowo berada di kecamatan watulimo kabupaten trenggalek.
Penari Turonggo Yakso
Penari Turonggo Yakso
Salah satu budaya asli trenggalek adalah Tari jaranan Turonggo yakso,Turonggo yakso pada awalnya ialah suatu ritual adat yang dilakukan di kecamatan dongko kabupaten trenggalek,namun berkat bapak puguh salah satu warga dongko yang memperkenalkan kesenian tersebut kepada masyarakat, dengan memperkenalkan kesenian Turonggo yakso tersebut akhirnya kesenian ini mulai dikenal sebagai kesenian asli Trenggalek yaitu pada tahun 80-an. sejak saat itu turonggo yakso mulai menyebar keseluruh pelosok desa-desa kecil di kabupaten trenggalek dan mulai dikenal oleh masyarakat trenggalek sampai sekarang. Berbeda dengan tari jaranan pada umumnya tari jaranan turonggo yakso kuda yang digunakan tidak menggunakan gambar yang berbentuk kuda pada umumnya, melainkan menggunakan kuda yang berbentuk buto,namun gerakannya hampir sama.
Nasi Tiwul Khas Trenggalek
Nasi Tiwul Khas Trenggalek
Tak ketinggalan salah satu makanan kuliner unik khas trenggalek,yaitu Nasi Tiwul (orang trenggalek bisa menyebutnya Sego Tiwul) merupakan makanan tradisional khas trenggalek, berbahan dasar  ketela(singkong) yang dikeringkan. warnannya coklat, rasanya gurih juga sangat mengenyangkan biasanya di nikmati dengan lauk ikan asin, tempe goreng dan sayur kebanyakan dijual di pasar tradisional.
alen-alen asli wong Trenggalek manco tempe kripik
Tak hanya itu ada juga oleh-oleh khas trenggalek seperti alen-alen, Tempe Kripik, manco semuanya melalui pembuatan secara tradisional.
Dan jangan lupa semua itu cuma ada di Trenggalek loh !!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

Labels

Followers